RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
LAJU REAKSI-1
Nama Sekolah :
SMA BATIK 1 SURAKARTA
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 1
Standard Kompetensi :
3. Memahami
kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
Kompetensi
Dasar :
3.1 Mendiskripsikan
pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1. Menjelaskan
pengertian kemolaran, serta cara menyediakan larutan, dengan kemolaran
tertentu.
2. Menjelaskan
persamaan laju reaksi, tingkat reaksi, dan penentuannya, serta faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi.
3. Membuat
dan menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
Tujuan:
Siswa
dapat,
1. Menjelaskan
pengertian kemolaran, serta cara menyediakan larutan, dengan kemolaran
tertentu.
2. Menjelaskan
persamaan laju reaksi, tingkat reaksi, dan penentuannya, serta faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi.
·
Karakter
siswa yang diharapkan:
Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung jawab, Peduli lingkungan
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi kreatif:
Percaya
diri, berorientasi tugas dan hasil
Materi Ajar:
°
Kemolaran (M)
Kemolaran menyatakan
jumlah mol zat terlarut dalam tiap liter, dengan satuan
atau
.
Rumus:
-
M=
dimana n=
-
M=
-
M1 . V1
= M2 . V2
-
Mcampuran=
Dimana, M : Molaritas (
)
n : mol
m :
massa
Ar, Mr : massa atom atau molekul relatif
ρ :
massa jenis (
)
V :
volume (L)
°
Pengertian laju reaksi
Laju
reaksi adalah perubahan konsentrasi pereaksi atau zat hasil reaksi per satuan
waktu, meliputi bertambahnya konsentrasi produk dan berkurangnya komsentrasi
reaktan tiap satuan waktu.
°
Penentuan laju reaksi
Ditentukan oleh
percobaan dengan mengukur reaktan yang digunakan atau produk yang dihasilkan
selama waktu tertentu.
°
Ungkapan laju reaksi
Laju pengurangan
konsentrasi molar pereaksi dan bertambahnya konsentrasi molar produk dalam tiap
satuan waktu.
m R à
n P
°
Faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
-
Konsentrasi
Semakin besar
konsentrasi pereaksi maka berlangsungnya reaksi akan semakin cepat.
-
Luas permukaan
Semakin luas permukaan
sentuh antara zat-zat yang bereaksi, semakin cepat reaksinya.
-
Suhu
Semakin besar suhu maka
semakin cepat laju reaksinya.
-
Tekanan
Penambahan tekanan
dengan memperkecil volume akan memperbesar konsentrasi sehingga laju reaksi
semakin cepat.
-
Katalis
Menurunkan energi
aktivasi sehingga laju reaksi s3makin cepat.
°
Teori tumbukan
Syarat reaksi : energi
tumbukan pereaksi > energi aktivasi
Faktor yang
mempengaruhi tumbukan:
-
Jumlah
partikel/konsentrasi
-
Suhu
-
Luas permukaan
Metode pembelajaran:
°
Pertemuan
Pertama:
2 jam pelajaran (2 x 45menit)
Metode Pembelajaran STAD (Student Team
Achievment Division)
°
Pertemuan
Kedua:
2 jam pelajaran (2 x 45menit)
Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share)
Alokasi Waktu:
4
jam pelajaran
Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan
pengertian kemolaran
·
Menjelaskan
pengertian laju reaksi dan ungkapan laju reaksi
·
Menjelaskan faktor
yang mempengaruhi laju reaksi
|
·
Menghitung kemolaran
suatu larutan (pengenceran, pencampuran, dan pembuatan larutan dari padatan)
|
·
Siswa dapat
menghitung kemolaran suatu larutan (pengenceran, pencampuran, dan pembuatan
larutan dari padatan)
|
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
°
Pengertian laju
reaksi
°
Kemolaran
Metode STAD (Student Team
Achievment Division)
No
|
Kegiatan Kelas
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
A.
|
Kegiatan
Awal
|
||
Salam
pembuka
|
15 menit
|
Religius
|
|
Memeriksa
kehadiran siswa
|
Disiplin
|
||
a. Apersepsi
Bagaimana kecepat reaksi dari kembang api,
memasak nasi, dan proses korosi? (Lampiran 1.1)
|
Kreatif dan rasa
ingin tahu
|
||
b. Orientasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu
siswa dapat menjelaskan pengertian kemolaran,
serta cara menyediakan larutan, dengan kemolaran tertentu
|
|||
c. Motivasi
Memotivasi
siswa tentang materi dan menyampaikan manfaat dari menentukan molaritas.
|
|||
B.
|
Kegiatan
Inti
|
||
Ø
Eksplorasi
Guru mengkonfirmasi tentang molaritas (pada pengenceran, pencampuran,
dan pembuatan larutan dari padatan) (Lampiran 2.1)
|
65
minutes
|
Kerja keras
|
|
Ø
Pembentukan Kelompok
Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok (satu kelompok terdiri dari 4-5 siswa)
|
Percaya diri dan toleransi
|
||
Ø
Kerja Kelompok
°
Guru memberikan permasalahan (soal) tentang kemolaran
untuk masing-masing kelompok. (Lampiran 3.1)
°
Siswa mendiskusikan jawaban dari permasalahan tersebut
dengan teman satu kelompok.
|
Kreatif, percaya diri, kerja keras, serius,
toleransi, dan tanggung jawab
|
||
Ø
Presentasi
°
Siswa mempresentasikan jawaban dari permasalahan di
depan kelas.
°
Siswa yang lain memperhatikan dan berdiskusi tentang
jawaban yang sesuai.
°
Guru mengevaluasi jawaban yang tepat. (Lampiran
4.1)
|
Kreatif, percaya diri, serius, komunikatif,
toleransi, tanggung jawab dan toleransi
|
||
Ø
Quiz
Guru memberikan soal untuk siswa
(individual) tentang kemolaran.
|
Kreatif, percaya diri, serius,dan kerja
keras
|
||
Ø
Penghargaan kelompok
Guru memberikan reward kepada kelompok
terbaik.
|
gembira
|
||
Ø
Konfirmasi
Menyimpulkan rumus rumus dalam mencari
molaritas
|
|||
C.
|
Kegiatan
Akhir
|
||
a.
Guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan tentang
materi yang dipelajari (pengertian laju reaksi dan kemolaran) (Lampiran
5.1)
|
10 menit
|
Kreatif, kerja keras, Komunikatif
|
|
b. Guru
menyampaikan materi untuk
pertemuan berikutnya.
Guru
memberikan tugas untuk mengerjakan latihan soal kemolaran. (Lampiran
3.2)
|
Serius dan tanggung jawab
|
||
c. Salam penutup
|
Gembira
|
Pertemuan Kedua: 2
jam pelajaran (2 x 45menit)
Materi Ajar:
·
Penentuan dan Ungkapan
Laju Reaksi
·
Faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
Model Pembelajaran TPS
(Think Pair Share)
No
|
Kegiatan Kelas
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
A.
|
Kegiatan
Awal
|
||
Salam
pembuka
|
10 menit
|
Religius
|
|
Memeriksa
kehadiran siswa
|
Senang
|
||
a. Apersepsi
Gula
pasir lebih cepat larut dalam air daripada gula batu, mengapa? (Lampiran
1.2)
|
Rasa ingin tahu
|
||
b. Orientasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu
siswa dapat menjelaskan ungkapan laju reaksi dan faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi
|
Disiplin
|
||
c. Motivasi
Memotivasi siswa tentang materi dan
menyampaikan manfaat dari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Kreatif dan rasa
ingin tahu
|
||
B.
|
Kegiatan
Inti
|
||
ü
Eksplorasi
a.
Guru mengkonfirmasi jawaban dari tugas yang diberikan
pada pertemuan sebelumnya (Lampiran 4.2)
b.
Guru menjelaskan tentang ungkapan laju reaksi (Lampiran 2.2)
c.
Guru menyebutkan faktor-faktor laju reaksi
|
70 menit
|
Rasa ingin tahu
Kreatif
percaya diri
kerja keras
serius
toleransi
tanggung jawab
|
|
ü
Elaborasi
THINK (berpikir)
°
Guru memberikan gambar tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi (Lampiran 3.3)
°
Siswa memperhatikan dan mencermati gambar tersebut
PAIR (berpasangan)
°
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok (sebangku)
°
Guru memberikan tugas menyelesaikan untuk memilih
gambar yang cocok dengan faktor-faktor laju reaksi serta mendiskripsikan
gambar tersebut
°
Siswa mendiskusikan tugasnya dengan teman sebangku
SHARE (berbagi)
°
Salah satu dari kelompok sebangku mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
°
Kelompok yang lain memperhatikan dan mendiskusikan
jawaban siswa serta memberikan pertanyaan.
|
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu
Kerja keras, Toleransi, Percaya diri, Rasa
ingin tahu
Toleransi, Komunikatif, Kerja keras,
percaya diri
|
||
Guru mengevaluasi jawaban siswa (Lampiran
4.3)
|
Kreatif
|
||
C.
|
Kegiatan
Akhir
|
||
a. Guru bersama dengan siswa membuat
kesimpulan tentang faktor yang mempengaruhi laju reaksi
|
10 menit
|
Kreatif
|
|
b. Guru menyampaikan materi untuk pertemuan
berikutnya yaitu persamaan laju reaksi dan orde reaksi
|
Rasa ingin tahu
|
||
c. Salam penutup
|
Gembira
|
I.
Alat
/ Bahan / Sumber Belajar:
·
Alat : LCD
Laptop
papan tulis
Lembar Soal
spidol dan penghapus
·
Bahan : Power Point
LKS Kimia Kelas XI SIMPATI
Semester 1
·
Sumber : Purba, Michael. 2004. Kimia Kelas XI.
Jakarta.Erlangga
LKS
Kimia Kelas XI SIMPATI Semester 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar