Jam Berapa Sekarang?????

Selasa, 06 November 2012

     
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LAJU REAKSI-1

Nama Sekolah                       : SMA BATIK 1 SURAKARTA
Mata Pelajaran                      : Kimia
Kelas / Semester                    : XI IPA / 1
Standard Kompetensi          : 3.  Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
Kompetensi Dasar                : 3.1  Mendiskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.      Menjelaskan pengertian kemolaran, serta cara menyediakan larutan, dengan kemolaran tertentu.
2.      Menjelaskan persamaan laju reaksi, tingkat reaksi, dan penentuannya, serta faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
3.      Membuat dan menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Tujuan:
Siswa dapat,
1.      Menjelaskan pengertian kemolaran, serta cara menyediakan larutan, dengan kemolaran tertentu.
2.      Menjelaskan persamaan laju reaksi, tingkat reaksi, dan penentuannya, serta faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
·           Karakter siswa yang diharapkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung jawab, Peduli lingkungan
·           Kewirausahaan / Ekonomi kreatif:
Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil



Materi Ajar:
°            Kemolaran (M)
Kemolaran menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam tiap liter, dengan satuan  atau .
Rumus:
-          M=  dimana n=
-          M=
-          M1 . V1 = M2 . V2
-          Mcampuran=
Dimana, M          : Molaritas ( )
               n           : mol
               m          : massa
               Ar, Mr : massa atom atau molekul relatif
                ρ          : massa jenis ( )
               V          : volume (L)

°            Pengertian laju reaksi
Laju reaksi adalah perubahan konsentrasi pereaksi atau zat hasil reaksi per satuan waktu, meliputi bertambahnya konsentrasi produk dan berkurangnya komsentrasi reaktan tiap satuan waktu.

°            Penentuan laju reaksi
Ditentukan oleh percobaan dengan mengukur reaktan yang digunakan atau produk yang dihasilkan selama waktu tertentu.

°            Ungkapan laju reaksi
Laju pengurangan konsentrasi molar pereaksi dan bertambahnya konsentrasi molar produk dalam tiap satuan waktu.
                     m R à n P
°            Faktor yang mempengaruhi laju reaksi
-          Konsentrasi
Semakin besar konsentrasi pereaksi maka berlangsungnya reaksi akan semakin cepat.
-          Luas permukaan
Semakin luas permukaan sentuh antara zat-zat yang bereaksi, semakin cepat reaksinya.
-          Suhu
Semakin besar suhu maka semakin cepat laju reaksinya.
-          Tekanan
Penambahan tekanan dengan memperkecil volume akan memperbesar konsentrasi sehingga laju reaksi semakin cepat.
-          Katalis
Menurunkan energi aktivasi sehingga laju reaksi s3makin cepat.

°            Teori tumbukan
Syarat reaksi : energi tumbukan pereaksi > energi aktivasi
Faktor yang mempengaruhi tumbukan:
-          Jumlah partikel/konsentrasi
-          Suhu
-          Luas permukaan

Metode pembelajaran:
°            Pertemuan Pertama: 2 jam pelajaran (2 x 45menit)
       Metode Pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division)
°            Pertemuan Kedua: 2 jam pelajaran (2 x 45menit)
       Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share)

Alokasi Waktu:
4 jam pelajaran
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Menjelaskan pengertian kemolaran
·      Menjelaskan pengertian laju reaksi dan ungkapan laju reaksi
·      Menjelaskan faktor yang mempengaruhi laju reaksi
·      Menghitung kemolaran suatu larutan (pengenceran, pencampuran, dan pembuatan larutan dari padatan)

·      Siswa dapat menghitung kemolaran suatu larutan (pengenceran, pencampuran, dan pembuatan larutan dari padatan)

Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
°         Pengertian laju reaksi
°         Kemolaran
Metode STAD (Student Team Achievment Division)
No
Kegiatan Kelas
Alokasi Waktu
Keterangan
A.
Kegiatan Awal
Salam pembuka
15 menit
Religius
Memeriksa kehadiran siswa
Disiplin
a.  Apersepsi
Bagaimana kecepat reaksi dari kembang api, memasak nasi, dan proses korosi? (Lampiran 1.1)
Kreatif dan rasa ingin tahu
b. Orientasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat menjelaskan pengertian kemolaran, serta cara menyediakan larutan, dengan kemolaran tertentu
c.  Motivasi
Memotivasi siswa tentang materi dan menyampaikan manfaat dari menentukan molaritas.
B.





Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Guru mengkonfirmasi tentang  molaritas (pada pengenceran, pencampuran, dan pembuatan larutan dari padatan) (Lampiran 2.1)












65 minutes
Kerja keras
Ø Pembentukan Kelompok
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok (satu kelompok terdiri dari 4-5 siswa)
Percaya diri dan toleransi
Ø  Kerja Kelompok
°       Guru memberikan permasalahan (soal) tentang kemolaran untuk masing-masing kelompok. (Lampiran 3.1)
°       Siswa mendiskusikan jawaban dari permasalahan tersebut dengan teman satu kelompok.
Kreatif, percaya diri, kerja keras, serius, toleransi, dan tanggung jawab
Ø  Presentasi
°       Siswa mempresentasikan jawaban dari permasalahan di depan kelas.
°       Siswa yang lain memperhatikan dan berdiskusi tentang jawaban yang sesuai.
°       Guru mengevaluasi jawaban yang tepat. (Lampiran 4.1)
Kreatif, percaya diri, serius, komunikatif, toleransi, tanggung jawab dan toleransi
Ø Quiz
Guru memberikan soal untuk siswa (individual) tentang kemolaran.
Kreatif, percaya diri, serius,dan kerja keras
Ø Penghargaan kelompok
Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
gembira
Ø Konfirmasi
Menyimpulkan rumus rumus dalam mencari molaritas
C.
Kegiatan Akhir
a.       Guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari (pengertian laju reaksi dan kemolaran) (Lampiran 5.1)
10 menit
Kreatif, kerja keras, Komunikatif
b.      Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya.
Guru memberikan tugas untuk mengerjakan latihan soal kemolaran. (Lampiran 3.2)
Serius dan tanggung jawab
c.       Salam penutup
Gembira


Pertemuan Kedua: 2 jam pelajaran (2 x 45menit)
Materi Ajar:
·         Penentuan dan Ungkapan Laju Reaksi
·         Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share)
No
Kegiatan Kelas
Alokasi Waktu
Keterangan
A.
Kegiatan Awal
Salam pembuka
10 menit
Religius
Memeriksa kehadiran siswa
Senang
a.  Apersepsi
Gula pasir lebih cepat larut dalam air daripada gula batu, mengapa? (Lampiran 1.2)
Rasa ingin tahu
b. Orientasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat menjelaskan ungkapan laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Disiplin
c.  Motivasi
Memotivasi siswa tentang materi dan menyampaikan manfaat dari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam kehidupan sehari-hari
Kreatif dan rasa ingin tahu
B.


Kegiatan Inti
ü  Eksplorasi
a.       Guru mengkonfirmasi jawaban dari tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya (Lampiran 4.2)
b.      Guru menjelaskan tentang ungkapan laju reaksi (Lampiran  2.2)
c.       Guru menyebutkan faktor-faktor laju reaksi
70 menit
Rasa ingin tahu
Kreatif
 percaya diri
kerja keras
serius
toleransi
tanggung jawab
ü  Elaborasi
THINK (berpikir)
°       Guru memberikan gambar tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (Lampiran 3.3)
°       Siswa memperhatikan dan mencermati gambar tersebut
PAIR (berpasangan)
°       Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok (sebangku)
°       Guru memberikan tugas menyelesaikan untuk memilih gambar yang cocok dengan faktor-faktor laju reaksi serta mendiskripsikan gambar tersebut
°       Siswa mendiskusikan tugasnya dengan teman sebangku
SHARE (berbagi)
°       Salah satu dari kelompok sebangku mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
°       Kelompok yang lain memperhatikan dan mendiskusikan jawaban siswa serta memberikan pertanyaan.


Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu





Kerja keras, Toleransi, Percaya diri, Rasa ingin tahu






Toleransi, Komunikatif, Kerja keras, percaya diri

Guru mengevaluasi jawaban siswa (Lampiran 4.3)
Kreatif
C.
Kegiatan Akhir

a.       Guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan tentang faktor yang mempengaruhi laju reaksi
10 menit
Kreatif
b.      Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu persamaan laju reaksi dan orde reaksi
Rasa ingin tahu
c.       Salam penutup
Gembira




I.          Alat / Bahan / Sumber Belajar:
·         Alat          :            LCD
Laptop
papan tulis
Lembar Soal
spidol dan penghapus

·         Bahan      : Power Point
                   LKS Kimia Kelas XI SIMPATI Semester 1
·         Sumber    : Purba, Michael. 2004. Kimia Kelas XI. Jakarta.Erlangga
LKS Kimia Kelas XI SIMPATI Semester 1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar